Milestone

Setiap kata dan atau rangkaian kata mempunyai arti yang melambangkan angka. e-wayang mempunyai sengkalan sebagai berikut:

  1. Sengkalan berdasarkan tahun Jawa, Netra(2) Suci(4) Ambabah(9) Jagad Maya(1), menunjukkan tahun 1942 tahun Jawa
  2. Sengkalan berdasarkan tahun Masehi, Dewa(9) Ngulandara(0) ing Awang-awanging(0) Netra(2) menunjukkan tahun 2009 Masehi

e-wayang merupakan sebuah format dan metode tatah dan sungging wayang yang secara garis besar dapat dicirikan sebagai berikut :

  1. e-wayang adalah wayang yang keseluruhan proses pembuatannya dalam bentuk format digital. Dalam hal ini merujuk kepada bentuk wayang kulit yang meliputi bahan dasar berupa kulit kambing/sapi/kerbau, hasil sungging wayang, dan rangkaian menjadi boneka wayang. Semua bahan-bahan utama dan pelengkap di atas digantikan dengan format-format digital yang telah didukung oleh perangkat lunak dalam perancangan dan pemrosesannya.
  2. e-wayang diproses mengikuti sebagian atau keseluruhan dari terminologi pembuatan wayang kulit secara manual yang telah dibakukan.
  3. e-wayang adalah wayang yang dalam memainkannya menggunakan perangkat digital, misalnya komputer dan perangkatnya, termasuk berbagai macam input device yang membantu terselenggaranya pertunjukkan e-wayang.
  4. e-wayang dimainkan oleh seorang dalang wayang digital yang mampu selain mendalang juga mempunyai keterampilan dalam menjalankan komputer dan perangkatnya untuk pertujukan wayang digital. Dalam hal ini dalang sebagai brain ware yang menjalankan program e-wayang baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan demikian, merujuk pada metode-metode di atas maka:

  1. e-wayang bukan merupakan proses yang mengubah format dari format wayang non digital (misalnya wayang kulit, wayang kertas) menjadi format digital, misalnya dengan proses scan menjadi format gambar. Walaupun terdapat kesamaan format tetapi e-wayang mempunyai format baku yang bukan dari hasil mengubah format.
  2. e-wayang bukan hasil merekam/mengubah format pertunjukan digital, misalnya hasil shooting ke dalam format moving image (format film atau rekaman animasi).
  3. e-wayang bukan milik satu format digital, tetapi merupakan format umum yang bisa yang punya standard mampu menyimpan informasi unsur-unsur e-wayang. Dengan demikian bisa dikonversi ke berbagai bentuk format digital sehingga meningkatkan kemampuan akses bagi pengguna dan penggemar wayang. e-wayang juga dapat berupa format animasi biasa, animasi interaktif, dalam format e-paper atau e-book, gambar, film dan lain sebagainya.

World Puppet

Informasi seputar dunia pewayangan

Wisanggeni

Wisanggeni is the grandson of Bathara Brahma.

....